Bung Karno Selalu Memukul-Mukul Kap Mobil



Presiden pertama kita atau Bung Karno Selalu Memukul Kap atas pintu mobilnya yang akan dinaiki. Ada orang yang mengatakan,bahwa BK (Bung Karno) selalu "selamat" dari bahaya pembunuhan,sebab kalau mau naik mobil,mobilnya selalu dipukuli dan lain sebagainnya.



Sebetulnya tidak begitu, BK kalau mau naik mobil selalu memukul mukul mobilnya, atas kap pintu mobil, yang daun pintu mobil sudah dibuka lebih dahulu oleh orang perwira polisi pengawal pribadi BK,karena pengalaman BK yang lalu waktu mau naik mobil, kepala BK terbentur pinggiran pintu atas mobilnya,sehingga BK merasa sakit sekali kepalanya. Nah mulai kejadian inilah BK berpesan kepada H.Mangil Martomidjojo , agar semua anak buahnya yang mengawal BK dan duduk di dalam mobilnya supaya selalu memperingatkan kepada BK dengan kata-kata, "Awas pintu,Pak."

Mendengar kata kata ini BK selalu menjawab "Yooooo," sambil memukul kap atas pintu mobilnya lalu BK masuk dan duduk didalam mobil. Anggota polisi pengawal pribadi yang sering duduk di dalam mobil BK adalah Letkol Soedarso. Tentu ada perwira-perwira polisi lainnya yang Beliau (H.Mangil) tugaskan untuk duduk didalam mobil BK

Sumber:Buku Kesaksian tentang Bung karno 1945-1967 Karya H.Mangil Martowidjojo